oleh

Pawai Ta’aruf Sambut Tahun Baru Islam

Peserta pawai ta’aruf antusias memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriah tahun 2015 Masehi tingkat Kota Palu, di halaman Kantor Walikota Palu, Rabu 14 Oktober 2015 .

PALU,PE-Umat muslim Kota Palu menyambut gembira datangnya tahun baru Islam, I Muharram 1437 Hijriah tahun 2015 Masehi, dengan menggelar pawai Ta’aruf, Rabu 14 Oktober 2015.
Pawai itu digelar di halaman walikota Palu.

Para peserta pawai tampak antusias menyambut datangnya tahun baru Islam itu. Itu bisa terlihat dengan aneka pernak-pernik dan ornamen bernuansa islami yang dihias pada kendaraan para peserta pawai.
Sejatinya peringatan tahun baru Islam menjadi momentum untuk kembali membangun dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Peringatan tahun baru Islam juga merupakan sarana membangun silaturahim untuk menata kehidupan lebih baik dimasa mendatang.

Ini dikemukakan Pelaksana Harian (Plh) Walikota Palu, Aminuddin Atjo yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Arfan, saat melepas arak-arakan kendaran pawai ta’ruf dalam rangka memperingati tahun baru Islam tingkat Kota Palu.

Pada kesempatan itu, Aminuddin kembali menekankan mengenai misi Islam. Sebagai agama wahyu,Islam menurutnya telah mengajarkan umat bahwa keselamatan dunia dan akhirat hanya bisa diperoleh dari terlaksananya ajaran Allah SWT dan Rasulnya dalam kehidupan sehari-hari.
“Kemantapan dalam menjalankan perintah Allah melalui kitab suci Al-Qur’an dan tuntunan Rasulullah SAW melalui hadiznya, akan menjadikan kita mudah memperolah rahmat dan ridha Nya dalam mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat,”kata Arfan.

Penyelanggaran kegiatan untuk memperingati momentum tahun baru islam menurutnya, merupakan forum silaturrahim serta momentum yang tepat dalam rangka membentuk pribadi muslim yang diharapkan.
“Paling  tidak pertemuan dan kebersamaan ini dapat menciptakan nuansa baru perbaikan ahlak di daerah ini,”ujarnya.

Plh Walikota Palu juga berharap, melalui penyelenggaran pawai kendaraan, dapat memberikan penyegaran motivasi dan semangat kita untuk berupaya semaksimal mungkin menata kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang.
“Mari kita berjuang untuk menjadikan Islam sebagai perkara utama dalam memimbing kita membangun dan menegakkan hukum berdasarkan wahyu Allah yang diturunkan dalam berbagai aspek kehidupan,”demikian Arfan.
Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1437Hijriah tahun 2015 Masehi tingkat Kota Palu disemarakkan dengan sejumlah kegiatan bernuansa islam. Namun puncak peringatan momentum Islam ini ditandai dengan penyelenggaran pawai ta’ruf.

Pemkot melibatkan sedikitnya 120 kendaraan peserta yang berasal dari sejumlah sekolah dan SKPD. Arak-arakan kendaraan ini dilepas Plh Walikota Palu Drs Aminuddin Atjo yang diwakili Asisten 1 Arfan di halaman kantor walikota.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan menggelar acara zikir bersama sebagai tanda peringatan 1 Muharram. Sejumlah titik kegiatan zikir bersama itu antara lain di Masjid Raya Palu dan Rusunawa Jalan Pue Bongo, Selasa malam tanggal 13 Oktober 2015.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan sejumlah perlombaan yang diselenggarakan di lapangan Vatulemo Palu, Rabu 14 hingga 16 Oktober 2015. Lomba itu antara lain, dai cilik tingkat taman kanan-kanak ,taman pendidikan Al-Qur’an , Sekolah dasar dan Madrazah Ibtidaiyah. Tarian jeppeng bersama tingkat SMP,SMA dan sederajat serta lomba tabuh rebbana tingkat kecamatan se Kota Palu.(mdi).

News Feed