oleh

Hidayat Minta Tambah Tugas Padat Karya

Penjabat Walikota Palu, Drs H Hidayat M Si didampingi seluruh pejabat Asisten Setda Palu mengumpulkan seluruh pejabat lingkup Pemkot untuk membahas kebijakan strategis penganggaran tahun 2016, Selasa 20 Oktober 2015 di auditorium kantor walikota.

PALU,PE-Hari pertama menjalankan tugas sebagai Penjabat Walikota Palu, Drs H Hidayat M Si langsung mengumpulkan seluruh jajarannya untuk membahas sejumlah kebijakan strategis, baik yang telah masuk dalam APBD Perubahan maupun rencana penyusunan APBD tahun 2016.  Pertemuan yang dilaksanakan di auditorium Setda Kota Palu Selasa 20 Oktober 2015 itu dihadiri seluruh kepala SKPD,Camat dan Lurah.

Dalam kesempatan itu, Hidayat membahasa soal zero poverty. Khsusunya program padat karya. Menurutnya program ini paling besar menelan biaya APBD.  Pemkot mengalokasikan sedikitnya Rp36 miliar pada program pengentasan kemiskinan tersebut dalam APBD-Perubahan.

Olehnya, kata  Hidayat, program itu harus lebih dimaksimalkan lagi. SKPD terkait pun diminta untuk mengevaluasi perkembangan program itu selama ini. Hidayat pun menyarankan agar sebaiknya menambah jenis kegiatan  pada program padat karya, tak hanya tugas kebersihan semata.

“Kita kemas kembali sehingga peserta lebih kreatif. Misalnya melakukan pembibitan atau memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur, ini yang harus kita bicarakan lagi teknisnya,”ujar Hidayat.

Hidayat juga berencana mengevaluasi jumlah pemberian honorarium bagi seluruh petugas pengangkut sampah yang bekerja pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Palu. Khusus pada bidang kebersihan ini, Hidayat juga berencana menggalakkan kembali program Jumat bersih.
“Untuk program kebersihan ini, pihak TNI dan Kepolisian menyatakan siap mendukung Pemkot Palu. Sehingga kita bisa mewujudkan Palu green and clean,”paparnya.

Hidayat bertekad dalam kurun waktu masa tugasnya sebagai Penjabat Walikota, belanja dalam APBD sedapat mungkin diarahkan lebih besar pada belanja publik. Makanya lanjut Hidayat, dirinya meminta seluruh jajaran Pemkot Palu dapat bekerjasama menjalankan tugas dan fungsi yang diamanahkan.(mdi).

News Feed