oleh

Mahasiswa Semester Awal Diminta Tidak Aktif di Organisasi

PALU EKSPRES, PALU – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio meminta kepada mahasiswa semester 1 dan 2, untuk tidak aktif di organisasi, sehingga dapat lebih fokus dalam persoalan akademik. Hal ini disampaikannya, saat membuka secara resmi Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Untad tahun 2017, di lapangan Untad, Kamis 17 Agustus 2017.

Hal ini ditegaskan Rektor, karena melihat pengalaman dari beberapa tahun sebelumnya, bahwa mahasiswa yang sangat aktif di organisasi pada semester-semester awal, berpotensi terlambat menyelesaikan studi, bahkan harus dikeluarkan (drop out). Rektor menyebutkan pada tahun ini, baru saja Untad mengeluarkan sebanyak 1.428 mahasiswa angkatan 2010, yang tidak sempat menyelesaikan studinya.

“Saya menitipkan pesan, angkatan 2017 pada semester 1 dan 2 untuk tidak aktif di organisasi. Karena pengalaman menunjukkan, kakak-kakak kalian yang drop out itu, sangat aktif pada semester 1 dan 2, sampai sampai tidak ada SKS-nya yang masuk,” kata Rektor, di hadapan 9.688 mahasiswa baru (maba) Untad.

Ia menegaskan kembali, bahwa komitmen mahasiswa yang masuk ke Untad adalah untuk mencari ilmu, meskipun berorganisasi tidak dilarang.

“Jika ingin terhindar dari drop out, jangan lupakan tujuan masuk Untad adalah untuk mencari ilmu. Berorganisasi tidak dilarang, tapi jangan sampai berorganisasi itu dapat mengganggu studi anak-anakku sekalian,” kata Rektor lagi.

Rektor juga menyampaikan kepada para maba, bahwa mulai tahun ini, Untad tidak lagi menerapkan sistem skorsing kepada mahasiswa yang melanggar aturan. Sistem skorsing tersebut diubah menjadi penolakan atau pengembalian Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Yang kami lakukan, adalah menolak atau mengembalikan UKT yang kalian setorkan. Sehingga saya berharap, setelah menjadi mahasiswa, dibaca ulang surat pernyataan yang telah ditandatangani, yang di dalamnya sudah lengkap berbagai poin yang harus kalian taati,” pungkas Rektor.

(abr/Palu Ekspres)

News Feed