Selain Minta Maaf Soal Bendera Terbalik, Pemerintah Malaysia Juga Segera Lakukan Ini

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, KUALA LUMPUR – Malaysia yang menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2017 8terbuti banyak membuat kesalahan fatal. Antara lain dalam buku panduan pesta olah raga ini bendera Indonesia dipasang terbalik menjadi putih merah. Ada juga yang tertukar dengan bendera Thailand.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arrmatha Nasir mengatakan‎, Menteri Luar Negeri Malaysia, Dato Sri Anifah Aman juga telah menyampaikan permohonan maaf atas insiden terbaliknya bendera Indonesia. Permohonan maaf itu langsung dilakukan Malaysia setelah Indonesia menyampaikan nota protes.

Bacaan Lainnya

“Mereka sudah menyampaikan permintaan maaf secara resmi, dan itu mengtasnamakan pemerintah Malaysia,” ujar pria yang akrab disapa Tata dalam konfrensi pers di Kemenlu, Jalan Raya Pejambon, Jakarta, Senin (21/8). Selain bendera terbalik, Malaysia juga salah menempatkan bendera dan tertukar dengan Thailand.

‎Lebih lanjut Tata menambahkan, Negeri Jiran tersebut dalam permintaan maafnya juga berkomitmen segara bertanggung jawab dan memperbaiki semua buku panduan bendera Indonesia yang terbalik itu. “Malaysia akan mencetak semua brosur yang salah cetak,” katanya.

Sebelumnya, insiden bendera Indonesia terbalik menjadi putih merah itu diungkap pertama kali oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi lewat akun Twitter-nya.

Unggahan itu disertai foto sebuah buku panduan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu, bendera di atas tulisan Indonesia terbalik menjadi berwarna putih merah. Mestinya merah putih. Sementara bendera negara-negara lain benar.

(cr2/JPC)

Pos terkait