oleh

Dorong Mahasiswa Jadi Pemikir Besar

SIMAK; Mahasiswa antusias mengikuti seminar kebangsaan yang diadakan FKIP Untad, Sabtu 3 September 2016. (MARIA SANDIPU/PE)

Gandeng ACT, UKPM FKIK Untad Geber Seminar Kebangsaan
PALU,PE-Siapa bilang Indonesia kekurangan calon-calon pemimpin masa depan? Dalam banyak aksi sosial kemanusiaan, Indonesia termasuk negara yang memiliki sikap paling peduli dan suka menolong. Baik itu terhadap musibah yang melanda bangsa sendiri ataupun bangsa lain.

Ini sejatinya adalah cikal bakal untuk bisa menjadi sebuah bangsa yang besar dan berkarakter. Dalam bangsa yang besar dan berkarakter sudah pasti terdapat pula calon-calon pemimpin yang bijak.

Begitu kata Direktur Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT), Iqbal Setyarso saat hadir sebagai  pemateri utama dalam seminar kebangsaan yang digeber Unit Kegiatan Penalaran Mahasiswa (UKPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untad, Sabtu 3 September 2016.

Iqbal mendorong agar mahasiswa sebagai generasi muda bangsa terus mengembangkan diri dan belajar menjadi pemikir besar.‘Ketika seseorang memiliki pemikiran yang besar, maka dia akan mudah bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesamanya,” ungkapnya.

Pembentukan karakter generasi muda sebagai karakter bangsa harus terus dilakukan. Terutama di kalangan mahasiswa sebagai kaum intelektual. Bicara soal karakter bangsa, Iqbal percaya generasi muda masa kini masih memiliki karakter yang diwariskan dari nenek moyang bangsa. Yakni, karakter suka menolong dan cepat tanggap.

Itu katanya sering terlihat jelas ketika ACT, LSM yang dipimpinnya kerap mendapat dukungan dan kepedulian kaum muda. Dalam  menangani persoalan sosial kemanusiaan, Iqbal mengaku justru sumbangan relawan terbesar datangnya dari kaum muda.

Ini menandakan generasi Indonesia generasi yang berkarakter. ‘’Mereka melakukan apapun tanpa lelah. Ini luar biasa. Bukan hanya tenaga, namun materi pun mereka curahkan,” tuturnya.

Iqbal berharap dengan berbagi pengalaman dan ilmu yang diperolehnya selama terjun di dunia sosial kemanusiaan melalui wadah ACT, dapat menggugah motivasi mahasiswa sebagai kaum muda untuk terus belajar dan berusaha membangun karakter bangsa.

Kegiatan yang melibatkan pula LSM Rumah Bahari Gemilang (Rubalang), sebuah yayasan peduli masyarakat pesisir ini membagi-bagikan pula buku dan kaos kepada peserta. Buku dan kaos yang dibagikan pemberian Rubalang dan ACT.(mrs)

News Feed