oleh

Jaga Etika dalam Memanfaatkan Ilmu

SEMOGA BERMANFAAT: Tampak Rektor Untad Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS  mengukuhkan  salah seorang wisudawan dalam prosesi wisuda ke-84 Untad, Kamis 29 September 2016. (HUMAS UNTAD)

Pesan Rektor Bagi Wisudawan ke-84 Untad
PALU,PE-Wisuda adalah akhir suatu perjalanan mencari ilmu. Sekaligus awal mencari ruang untuk pemanfaatan ilmu. Hakekat antar ruangan itu akan memberikan beragam kemaknaan bagi para wisudawan. Mau kemana, ingin seperti apa ? Itu menjadi pertanyaan yang terdapat dalam relung hati tiap insan wisudawan.Namun, dalam semuanya itu, sebagai para intelektual, wisudawan dituntut untuk berkarya tanpa batas untuk menggapai apa yang dicita-citakan.

Begitulah petuah hidup yang disampaikan Rektor Untad, Prof Dr Ir Muh Basir Cyio SE MS kepada 1.213 wisudawan Untad dalam prosesi wisuda ke-84, Kamis 29 September 2016.Dalam pesan almamaternya, Rektor dua periode itu mengingatkan agar para lulusan dalam wisuda tersebut berani mengambil risiko dan hadiah dari setiap kesempatan menggapai cita-cita.

‘Semua ada dalam genggalam kalian,” tandasnya.Untuk bisa meraih kesuksesan, kuncinya kata mantan Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Untad itu hanya satu. Yaitu jaga etika dalam memanfaatkan ilmu.‘Jaga tata krama dalam membawa diri. Dan polesi hidup dalam kerendahan hati,” pesannya.

Layaknya seorang remaja yang sedang beranjak dewasa demikianlah wisudawan dalam menggapai mimpi yang dicita-citakan.  Kegagalan, tak boleh dipandang sebagai sebuah kehancuran.
Kegagalan haruslah menjadi tantangan sekaligus peluang untuk mencapai yang diimpikan.

Untuk diketahui, wisuda kali ini sejatinya menjadi prosesi wisuda yang istimewa. Karena seyogyanya akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sitti Nurbaya Bakar. Namun, rencana itu batal, ketika Menteri Sitti tiba-tiba dijadwalkan mendampingi Presiden Jokowidodo mengunjungi para korban bencana tanah longsor di Garut, Jawa Barat. Jadwal itu bertepatan dengan jadwal kedatangan Menteri LHK yang sudah diagendakan oleh pihak sekretariat kementerian LHK. Wisuda kali ini diikuti oleh 163 pascasarjana, dan 1.050 lulusan sarjana strata satu dan diploma. (mrs)

News Feed