Bapemperda DPRD Palu Godok Tiga Ranperda

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PALU- Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Palu menggodok tiga buah rancangan peraturan daerah (Ranperda) untuk prioritas pembahasan pada masa sidang catur wulan 1 tahun 2019.

Tiga Ranperda itu antara lain Ranperda tentang penyelenggaraan  kesehatan reproduksi (Kespro). Pembinaan dan penertiban pedagang kreatif lapangan (PKL) dan Ranperda pemberian fasilitas dan kemudahan investasi pada kawasan ekonomi khusus. Ketiga Ranperda sebelumnya tertunda pada masa sidang catur wulan 3 tahun 2018.

Dalam rapat Bapemperda, Senin 4 Februari 2019, Ketua dan Anggota Bapemperda menilik lebih jauh urgensi  pengajuan Ranperda. Bapemperda juga memberikan pembobotan materi atas draft naskah yang diajukan Pemkot Palu.

Pejabat lingkup Dinas Kesehatan Kota Palu, menjelaskan tentang urgensi Ranperda penyegaraan kespro. Ranperda ini bertujuan untuk kepentingan edukasional tentang pentingnya penyiapan kespro sejak usia remaja.

Program edukasi Kespro sebenarnya sudah berjalan. Hanya saja perlu diperkuat dengan Perda agar Penyelenggaran program edukasi kespro bisa terkoordinasi dengan instansi lainnya.

Selain itu, Ranperda Kespro juga merupakan salahsatu upaya dalam menekan angka kematian bayi dan angka kematian ibu.

Sementara itu, anggota Bapemperda, Rizal menjelaskan, dari sisi akademis, naskah Ranperda Penyelenggaran Kespro sudah tepat. Namun perlu mendapat pembobotan. Utama hal-hal terkait pelayanan ditingkat fasilitas kesehatan.

Rizal pun menyoroti soal pelayanan teknis ditingkat Puskesmas dan Pustu. Menurut nya pelayanan dibeberapa puskesmas tidak dibarengi dengan infrastruktur bagi yang memadai.

“Draft terkait Penyelenggaran Kespro sudah tepat menurut saya. Cuma perlu dibarengi dengan perbaikan kualitas pelayanan dan infrastruktur,”jelasnya.

Sesuai rencana, dalam waktu  dekat tigah Ranperda tersebut selanjutnya akan dibahas lebih lanjut dalam rapat paripurna.

(mdi/palu ekspres)

Pos terkait