oleh

Madrasah Harus Jadi Pilihan Pertama

PAMERAN KREASI – Kakanwil Kemenag Sulteng, Abdullah Latopada (kanan), saat mengamati pameran hasil kreativitas siswa-siswa MTsN Palu Barat, dalam peringatan Milad XX MTsN Palu Barat, Sabtu 3 November 2016. (foto: IMAM/PE)

PALU, PE – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Abdullah Latopada, optimistis, Madrasah akan menjadi lembaga pendidikan unggulan, dan menjadi pilihan pertama bagi para orang tua dalam menyekolahkan anak-anaknya. Hal ini, berdasarkan pengamatannya, bahwa saat ini Madrasah telah mampu meningkatkan prestasi-prestasinya dalam berbagai bentuk dan level.

“Saya optimis, ke depan Madrasah harus menjadi unggulan dan pilihan pertama,” kata Abdullah, pada peringatan Milad XX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Palu Barat, Sabtu 3 Desember 2016.

Abdullah menekankan, prestasi yang dicapai sebuah Madrasah, akan menentukan wibawa dari Madrasah tersebut. Prestasi yang dicapai oleh Madrasah, katanya lagi, tidak lepas dari peran seluruh elemen yang ada di dalam Madrasah tersebut, mulai dari Kepala Madrasah hingga para siswa.

“Contohnya di MTsN Palu Barat ini, prestasi-prestasi yang diraih, seperti Adiwiyata Nasional, dan lain-lainnya, merupakan hasil dari kerja keras seluruh warga Madrasah, maju tidaknya sebuah Madrasah juga ditentukan oleh kerjasama dan kekompakan,” jelasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Abdullah menekankan, agar para tenaga pendidik yang ada di madrasah, dapat berkomitmen moral, serta memiliki inisiatif yang kreatif.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, Ma’sum Rumi menegaskan, program pengembangan pendidikan di Madrasah, akan menjadi program berskala prioritas. Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan amanat dari Kakanwil Kemenag Sulteng, saat melantik dirinya, beberapa waktu lalu.

“Kita perlu berbangga, Madrasah-madrasah di Kota Palu sudah sangat baik dalam penataan lingkungan dan kantor. Ke depan, kita akan terus mendorong perkembangan di Madrasah, bukan hanya negeri namun juga swasta,” ujar Ma’sum. (mg01)

News Feed