oleh

Pasha Akan Kirim Intel Pantau Kinerja pejabat

Ratusan pejabat administrator dan pengawas eselon IIIa,IIIb, IVa dan IVb, lingkup Pemkot Palu disumpah dan dilantik oleh Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, Kamis 19 Januari 2017 di halaman kantor walikota. (foto: HAMDI ANWAR/PE)

Gelar Pantohir Untuk Seleksi Pejabat

PALU,PE- Pejabat Eseslon III dan IV lingkup Pemkot Palu akhirnya resmi dilantik. Sebanyak 568 pejabat dilantik dan disumpah bersamaan oleh Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, Kamis 19 Januari 2017.
Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, atau Pasha, menegaskan seluruh pejabat yang dilantik ini ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan disiplin ilmunya. “Tak ada yang salah penempatan. Seluruh tim meyakini posisi itu pas dan telah sesuai ilmunya dengan proses yang telah dilewati,” kata Pasha dalam sambutannya.

Menurutnya, penempatan jabatan itu dianggap paling rasional. Serta menyesuaikan konteks kemampuan menejerial dan pengalaman selama menjabat.”Itu karena kita mengembalikan pejabat pada tempat yang seharusnya. Soalnya selama ini, ada sarjana teknik yang ngurus kesehatan. Ada juga sebaliknya,”sebut Pasha.

Untuk itu jelas Pasha, Walikota memang sengaja melakukan pantuhir sebelum menempatkan para pejabat eselon III dan IV tersebut dalam jabatan barunya. ” Walikota menilai ada yang keliru selama ini. Makanya digelar pantuhir untuk menyeleksi pejabat ini. Dalam proses pantuhir itulah kami menetapkan formasi,”sebutnya.

Dia mencontohkan kebinet layaknya sebagai sepeda motor. Seluruh onderdil yang terpasang harus sesuai dengan tugas fungsinya masing-masing. Pejabat bawah menurutnya adalah onderdil yang harus menunjang kinerja. Maka misalkan ada baut yang tidak sesuai, maka sepeda motor itupun dipastikan tidak berjalan maksimal.

“Yakinlah Pak Wali telah berhari-hari, utak-atik, geser sana geser sini dalam rangka tune up kembali onderdil. Setidaknya menyesuaikan mur dan bautnya jangan sampai ada yang saling tertukar,”terangnya.

Meski begitu, Pasha menekankan bahwa kinerja pejabat akan dipantau selama tiga bulan ke depan. Pihaknya akan menempatkan Intel diseluruh kantor untuk memantau kinerja para pejabat.

“Jadi jangan bahagia dan geer dulu. Jangan terbuai karena tiga bulan ke depan ada proses pemantauan. Banyak Intel akan ditempatkan untuk bantu nilai kinerja kalian,”tekannya.

Tim Intel itu akan menilai apakah pejabat bersangkutan bekerja maksimal. Jika ada pejabat yang kinerjanya tidak sesuai harapan, maka dipastikan akan ditarik kembali. “Jadi tidak harus 3 bulan juga. Kalau ada yang ngaco, maka dengan segala hormat harus disusun kembali. Kalau perlu tiap hari pelantikan,”ancamnya.

Adapun pejabat yang dilantik terdiri dari pejabat administrator eselon IIIa sebanyak 43 orang. Jabatan administrator eselon IIIb sebanyak 101 orang. Jabatan pengawas eselon IVa sebanyak 404 orang dan jabatan pengawas eselon IVb sebanyak 20 orang.(mdi)

News Feed