oleh

Masuk Cluster COVID-19, Jalan Purnawirawan Palu Disinfektanisasi

-Palu-5.068 views

PALU EKSPRES, PALU- Sejumlah titik di Jalan Purnawirawan Kelurahan Tatura Utara, Kota Palu menjadi fokus penyemprotan disinfektan tim Pemkot Palu, Rabu 29 April 2020.

Di Jalan ini terdapat beberapa rumah warga yang telah ditetapkan dalam status klinis Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menjadi salah satu cluster penyebaran Covid 19.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Palu, Bambang Syabarsah menjelaskan, lokasi penyemprotan ditetapkan sebelumnya berdasarkan pemetaan (mapping).

“Berdasarkan mapping tim disinfektan itu kami mengambil titik-titik semprot yang di Klurahan Tatura Utara. Karena ada beberapa rumah OTG yang masuk dalam dua kluster yang ada sekarang,”kata Bambang.

Berdasarkan hasil mapping itupula kemudian Wali Kota Palu Hidayat langsung memerintahkan penyemprotan di lokasi tersebut.

“Arahan langsung wali kota sebagai upaya memperlambat laju penyebaran virus Covid-19 di kota Palu,”sebutnya.

Namun demikian lanjut Bambang, penyemprotan hanya salahsatu bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian. Yang menjadi kunci utama untuk menghambat penyebaran adalah menjaga jarak aman. Social distancing maupun physical distancing. Serta menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

Sejauh ini Bambang mengaku masih kerap menjumpai masyarakat yang tidak patuh akan hal tersebut. Bahkan rudak peduli dengan social distancing. Padahal itu adalah satu-satunya cara yang paling sederhana dan paling mudah untuk dilakukan.

Dia menambahkan penyebaran Covid 19 di Kota Palu saat ini sudah sulit diprediksi secara tepat. Makanya kedisiplinan itu menjadi penting untuk mencegah penyebaran lebih luas ke tengah-tengah masyarakat.

“Apa yang kami lakukan ini hanyalah salah satu upaya menghambat penyebaran Covid-19 demi keselamatan masyarakat itu sendiri. Tidak akan mungkin upaya-upaya kita ini dapat berhasil tanpa ada kesadaran yang tinggi dari masyarakat,”demikian Bambang.

Sementara itu, Ketua RT 002/RW 007 kelurahan Tatura Utara, Arbin mengaku sangat berterimakasih atas penyemprotan itu.

“Sayapun akan mengimbau seluruh warga saya untuk tetap tenang karena sudah dilakukan penyemprotan disinfektan di wilayah ini,”singkat Arbin.

Tim disinfektan Pemerintah Kota Palu sendiri adalah gabungan yang terdiri gabungan Palang Merah Indonesia, Dinas Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palu. (**/mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed