IP Man: Kungfu Master, Aksi Grandmaster IP Man yang Masih Berlanjut

  • Whatsapp
Aksi Dennis To Yu Hang di IP Man. Foto: Istimewa
adv

Oleh Jeri Wongiyanto (Pengamat Film)

AKSI tokoh grandmaster Wing Chun yang lebih dikenal sebagai Ip Man, nampaknya akan terus berlanjut. Walaupun tanpa Donnie Yuen. Pecinta film kungfu sepertinya dikecohkan dengan film IP Man 4: The Finale. Berpikir 5 film seri waralaba ini akan berakhir. Ternyata muncul fim terbaru IP Man: Kungfu Master.
Film ini memang sepertinya dikonsepkan sebagai film biografi, di beberaoa film menceritakan kehidupan Ip Man yang memiliki beberapa murid, salah satu muridnya adalah Bruce Lee. Di film IP Man 4 sepertinya sudah menanam benang merah dan plot yang tertata rapi. Namun dengan kemunculan film ini, bisa saja penonton akan dibuat bingung apalagi pemerannya bukan lagi Donnie Yuen yang tentu sudah sangat melekat dengan karakter Master Wing Chun.
Namun, jangan memandang remeh pemeran Ip Man dalam film ini, Dennis To Yu Hang, bukanlah aktor sembarangan, ia adalah seniman dan aktor bela diri Hongkong. Karirnya dimulai sebagai atlit wushu dan memenangkan beberapa penghargaan termasuk medali perak di Asian Games 2002 dan medali emas di Asian East Games 2006. Kiprahnya di layar lebar juga mumpuni, Dennis pernah berperan dalam film The Legend is Born Ip Man (2010), Kungfu League (2018) dan IP Man 2 (2010).
Film IP Man: Kungfu Master, akan membawa penonton kembali ke awal masa sebelum revolusi komunis China 1949 yang dipimpin Mao Zedong. Ip Man dikisahkan menjadi Inspektor polisi, yang menjadi sasaran mafia dan tentara Jepang. Gara-gara berurusan dengan Geng Kapak, Ip Man harus dikeluarkan dari kesatuannya. Situasi makin rumit, ketika tentara Jepang juga mengincar dirinya.
Di tangan sutradara Liming Li dan Shi Qingshui, film ini terasa agak lebay, banyak adegan adegan dibuat terlalu dramatisir. Adegan-adegan kungfu yang ditampilkan memang seru dan menegangkan namun tidak terlalu istimewa. Pertarungan pertarungan dahsyat ala IP Man, jauh dari ekspektasi. Untungnya penampilan Dennis sebagai Ip Man yang baru cukup memikat, aktingnya cukup kuat, jadi lumayan menghibur.
Selain Dennis, film ini juga dibintangi sederet bintang ternama seperti Michael Wong, Yuan Li Ruoxing, Tong Xiaouhu, Yue Dongfeng, Chang Qiyuan dan Ren Yu. Sementara Donnie Yuen yang sebelumnya tampil di 4 serial sebelumnya, sama sekali tidak terlibat dalam film ini.
Bagi yang kangen aksi Master Wing Chun, silahkan melepas rindu di bioskop kesayangan Anda. ****

Pos terkait