Percepatan Rehab Rekon, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Siap Bantu Pemkot Palu

  • Whatsapp
adv

PALU EKSPRES, PALU– Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan kesiapannya membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam proses percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab-Rekon) dampak bencana 28 September 2018.

Hal itu terungkap pada pertemuan antara Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dengan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama wakilnya, dr Reny Lamadjido di ruang kerja gubernur, Rabu (23/6/2021).

Bacaan Lainnya

Kesiapan Gubernur Rusdy Mastura tersebut setelah Wali Kota Hadianto memaparkan progress Rehab Rekon dampak bencana yang dilaksanakan Pemkot Palu.

Wali Kota Hadi yang didampingi Asisten I dan Kapala Bappeda Kota Palu menjelaskan rencana Pemkot Palu membangun hunian tetap (Huntap) di Kelurahan Tondo untuk tahap I dan II. Demikian juga pembangunan Huntab Petobo  dan pembangunan kembali Jembatan IV Palu.

Selain itu, Wali Kota juga menyampaikan menyampaikan rencana pemulihan secara umum dampak bencana Kota Palu. 

Menyikapi laporan Wali Kota Palu tersebut, Gubernur  Sulteng Rusdy Mastura menyampaikan apresiasinya.

“ Terimakasih atas langkah- langkah yang sudah dilakukan dan percepatan pelaksanaan rehab  rekon di Kota Palu, saya minta tahun 2021 harus kita selesaikan pemulihan bencana,” kata Rusdy Mastura yang akrab disapa Cudy.

Bahkan, Gubernur Cudy balik bertanya mengenai langkah yang perlu dilakukan oleh Pemprov Sulteng. “Apa yang harus saya bantu,” tanya Cudy.

Mendengar pertanyaan Gubernur Cudy tersebut,  Wali Kota Palu menyampaikan jika pihak Pemkot butuh dukungan dana untuk membebaskan lahan Huntap Petobo dan lahan pembangunan Jembatan IV Palu. Rinciannya, anggaran untuk pembebasan lahan Jembatan IV Palu sebesar Rp 10 Miliar sedangkan biaya pembebasan lahan Huntap Petobo sebesar Rp12 Miiar.

“Kami bantu melalui APBDP 2021 sebesar Rp22 Miliar,  sebesar yang diminta Pemerintah Kota Palu,” jawab Gubernur Cudy.

Cudy meminta agar rehab rekon dipercepat pelaksanannya supaya masyarakat  bisa segera menempati rumah layak huni. “Saya belum tahu berapa kebutuhan untuk Kabupaten Donggala dan Sigi,” kata Cudy.

Ia menegaskan agar wajah Kota Palu sebagai ibukota provinsi dapat ditata dengan baik dan Pemprov Sulteng akan siap mendukungnya. (***/bid/palu ekspres)

Pos terkait