DPUPRP Parimo Sarankan BWSS III Bangun Tanggul Permanen di Sungai Torue

  • Whatsapp
Alat berat exavator saat melakukan normalisasi di sungai Torue pascabanjir. Foto - Aswadin/PE

PALUEKSPRES,PARIMO – Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Nyoman Adi mengatakan, pihaknya menyarankan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III) untuk membangun tanggul permanen di sungai Torue.

“Supaya tidak terjadi banjir berulang, kami menyarankan pihak BWSS III untuk bangun tanggul permanen. Banjir susulan terjadi pada Minggu 14 Agustus 2022 karena tanggul darurat tidak mampu menahan debit air sehingga jebol dan merendam pemukiman warga,” kata Nyoman Adi kepada wartawan di Parigi, Senin (15/8/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, saat ini pihaknya bersama BWSS III tengah melakukan koordinasi upaya penanggulangan untuk jangka panjang. Karena, situasi tersebut dapat berulang, sebab luapan air mengikuti jalur sebelumnya yang saat ini sudah menjadi pemukiman warga.

Dengan begitu, BWSS III yang mempunyai kewenangan terhadap sungai tersebut, perlu merekayasa jalur menggunakan teknik tanggul permanen.

Menurutnya, tanggul darurat yang jebol berada pada posisi ditikungan serta pertemuan antara jalur sungai Torue dan sungai Sampaloe, yang kemudian air mencari jalur awal. 

Pos terkait