KPU Serahkan Bahan Kampanye dan APK Paslon

  • Whatsapp
adv

 

PALU,PE-Jika tak ada halangan hari ini, Sabtu  5 September 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyerahkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye kepada tiga pasangan calon yang telah ditetapkan lebih dulu oleh KPU.

APK yang diserahkan di antaranya baliho, spanduk dan umbul-umbul. Untuk baliho masing-masing pasangan calon berhak mendapat lima buah baliho, kemudian spanduk, masing-masing pasangan calon mendapat satu spanduk per kelurahan, sedangkan umbul-umbul masing-masing pasangan calon dijatah 10 buah umbul-umbul per kecamatan.
Sementara untuk Bahan Kampanye yang terdiri atas selebaran atau player, brosur atau liplet, pamphlet dan poster masing-masing jenis dicetak berdasarkan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kota Palu.

Jumlah KK di Kota Palu berdasarkan data agregat kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu sebanyak 113.029 KK.

Komisioner KPU Kota Palu, Agussalim Wahid menuturkan sedianya baik APK maupun bahan kampanye sudah bisa didistribusikan ke masing-masing pasangan calon lebih cepat dari hari ini. Namun, karena keterlambatan  materi yang dimasukkan ke KPU dari pihak pasangan calon sehingga mempengaruhi juga keterlambatan proses pencetakan di Makassar.

Agus berharap, rencana pendistribusian APK dan bahan kampanye bisa terealisasi hari ini. Ini untuk mengakomodir kepentingan para pasangan calon dalam mensosialisasikan dan memanfaatkan masa kampanye yang disediakan KPU. Pasalnya, per 27 Agustus lalu, KPU telah mengeluarkan larangan bagi pasangan calon agar tidak memasang APK ataupun bahan kampanye illegal yang bukan dikeluarkan resmi oleh KPU. “Kalau tak ada halangan, Insya Allah besok kita distribusikan,” jelasnya.

APK dan bahan kampanye yang akan didistribusikan yakni untuk tiga pasangan yang telah ditetapkan KPU yakni Hidayat-Sigit, Hadianto-Wiwiek dan Habsah Yanti-Thamrin Samauna.
Sementara untuk pasangan Tony-Tahmidi, KPU baru akan mencetaknya setelah KPU menetapkan nomor urut bagi pasangan calon yang sempat digugurkan KPU itu. Seperti diketahui penetapan nomor urut pasangan Tony-Tahmidi sebagai salah satu calon walikota baru dilakukan Jumat sore, 4 September 2015. Penetapan itu setelah Panwaslu Palu mengabulkan gugatan Tony-Tahmidi terhadap KPU Palu. (mrs)

Pos terkait