oleh

Nilai US di Parimo Masih Gunakan Standar 5,5

PARIMO, PE– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) pada 2017 ini memutuskan  masih menggunakan standar nilai rata-rata  kabupaten untuk ujian sekolah (US)  tingkat SMP,  yakni 5,5.

Nilai tersebut digunakan pada US tahun sebelumnya karena sesuai hasil rapat telah disepakati dan tidak ada perubahan.

Kepala Seksi Kurikulum Disdikbud Parimo, Sarwana, SE kepada wartawan belum lama ini di ruang kerjanya, mengatakan, pihaknya masih menggunakan nilai US tahun 2016  karena pada tahun ini tidak ada usulan perubahan nilai US  yang digunakan.

Ia menjelaskan bahwa penetapan nilai rata- rata kabupaten tidak mempengaruhi hasil standar pada satuan pendidikan karena kelulusan sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah.

Nilai kabupaten hanya sebatas untuk pemetaan saja  apakah siswa dapat mencapai nilai standar atau tidak, semua dapat dilihat sesuai tingkat pemahaman pada setiap bidang studi yang diujikan.

Melalui pemetaan ini lanjutnya, pelajaran yang dianggap tidak mencapai nilai standar akan ditingkatkan hingga sesuai dengan nilai rata- rata tersebut, sehingga pendidiknya akan diberikan pelatihan untuk mengikuti pendidikan sesuai dengan bidang studi yang diajarkan.
Jika hasil pemetaan, ternyata para siswa yang ikut ujian tidak mencapi target yang diharapkan maka akan dikembalikan kepada pihak sekolah sebagai bahan untuk evaluasi.

Sementara itu,  Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah( MKKS ) Drs. Gurdan M.Pd mengatakan,  pihaknya tengah menunggu hasil kesepakatan dinas terkait dengan penetapan nilai kabupaten.

Sebab di tingkat sekolah telah melakukan penyusunan naskah soal yang akan dijadikan sebagai bahan ujian.

“Ada beberapa pelaksanaan kegiatan ujian, yaitu US, USBN dan UN, kesiapan ditingkat sekolah sudah mencapai 85 persen, untuk penetapan kita menunggu pihak Disdikbud,” jelasnya.

Adapun sekolah yang melaksanakan UNBK di Kabupaten Parimo  berjumlah tujuh sekolah sesuai hasil pengusulan pihak Disdikbud. Selebihnya masih menggunakan sistem manual.

(mg4/Palu Ekspres)

News Feed