Tren Perdagangan Indonesia-Ubekiztan Meningkat Signifikan, Ini Kata Wapres

  • Whatsapp
Tren Perdagangan Indonesia-Ubekiztan Meningkat Signifikan, Ini Kata Wapres
Tren Perdagangan Indonesia-Ubekiztan Meningkat Signifikan, Ini Kata Wapres.Wakil Presiden Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat melakukan audiensi dengan para pelaku industri halal Uzbekistan, di Hotel Intercontinental Tashkent, Uzbekistan, Selasa (13/06/2023). Foto: BPMI/Setwapres

Tashkent, PaluEkspres.Com- Tren Perdagangan Indonesia-Ubekiztan Meningkat Signifikan, Ini Kata Wapres. Pemerintah Indonesia mendukung adanya penguatan kerja sama dengan negara Uzbekistan, khususnya pada bidang industri halal.

Dukungan itu disampaikan Wakil Presiden Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat melakukan audiensi dengan para pelaku industri halal Uzbekistan, di Hotel Intercontinental Tashkent, Uzbekistan, Selasa (13/06/2023).

Bacaan Lainnya

“Saya menyambut baik ikhtiar untuk menggali potensi kerja sama lebih luas lagi, dalam kerangka penguatan hubungan Indonesia-Uzbekistan, khususnya bidang industri halal,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin.

Wapres menyebutkan bahwa pada tahun 2022 tren nilai perdagangan kedua negara mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sebesar USD 82 juta. Wapres meyakini pencapaian tersebut disebabkan oleh kontribusi aktif dari para pelaku usaha kedua negara.

“Saya yakin tercapainya nilai perdagangan tersebut tidak terlepas dari kontribusi aktif para pengusaha dalam forum-forum yang sudah rutin diagendakan,” jelas Wapres seperti dalam siaran pers biro pers setwapres, Selasa.

Wapres menekankan komitmen penuh pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia pada 2024, sehingga sektor unggulan industri halal, seperti makanan, modest fashion, kosmetik, farmasi, dan pariwisata halal akan terus dikembangkan.

Sementara itu, di bidang investasi Wapres menyebutkan pemerintah Indonesia membuka kesempatan yang luas bagi para investor dari Uzbekistan yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

“Pemerintah berkomitmen memberikan berbagai kemudahan bagi investor untuk menanamkan modal di Indonesia,” tutur Wapres.

“Dalam bidang industri halal, terdapat regulasi yang memberikan kemudahan untuk Jaminan Produk Halal di Indonesia,” tambahnya.

Wapres berharap agar pemerintah Indonesia dan Uzbekistan terus melakukan eksplorasi mengenai sektor-sektor potensial yang dapat memperkuat kerja sama antarkedua negara.

“Saya berharap seluruh potensi komoditi unggulan industri halal Indonesia dan Uzbekistan dapat terus digali dan direalisasikan dalam kerja sama konkret antarpengusaha maupun antarpemerintah,” tutup Wapres.

Pos terkait