Buka Rakorda BAZNAS, Wagub Sulteng Pesan Selesaikan Masalah Tanpa Masalah

  • Whatsapp
Buka Rakorda BAZNAS, Wagub Sulteng Pesan Selesaikan Masalah Tanpa Masalah
Wagub Ma’mun Amir menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan dari BAZNAS kepada penerima manfaat. Foto: Biro Adpim Setdaprov

Palu, PaluEkspres.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H. Ma’mun Amir membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BAZNAS Sulteng tahun 2023 di hotel Santika, Rabu sore (13/12/2023).

Rakorda dihadiri langsung Ketua BAZNAS RI Prof. Dr H. Noor Achmad, M.A, Ketua BAZNAS Sulteng Prof. Dr. Hj. Dahlia Syuaib, S.H., M.H dan Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd.

Peserta rakorda berasal dari BAZNAS kabupaten kota, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan instansi provinsi dengan jumlah lebih kurang 70 orang peserta.

Rakorda ini kata Wagub, sangat urgen sebagai sarana menyerap aspirasi, memperhadapkan dengan aturan, meramu dan mengeksekusi dalam program-program terukur guna mentransformasi pelayanan zakat termasuk aksi konvergensi percepatan penurunan stunting.

Prevalensi stunting Sulteng lanjut Wagub, hingga sekarang masih berada di atas rata-rata nasional yakni sebesar 28,2%.

Padahal, target penurunan yang harus dicapai adalah 14% pada 2024. Oleh karena itu, peran BAZNAS kata wagub, sangat sentral dengan merujuk pada Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yang menekankan pendekatan holistik, integratif dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi antar pemangku kepentingan.

“Insya Allah kerjasama dengan BAZNAS ini bisa menyelesaikan masalah tanpa (meninggalkan) masalah,” kata wagub berharap.

Sementara Ketua BAZNAS RI mengungkapkan bahwa masih banyak orang yang menyamakan BAZNAS dengan LSM/NGO padahal BAZNAS adalah lembaga pemerintah nonstruktural.

Persepsi ini menurutnya, jadi salah satu faktor mengapa pengelolaan zakat oleh BAZNAS belum maksimal.

Karena itu, BAZNAS telah mencanangkan 4 penguatan yang mencakup penguatan kelembagaan, SDM, infrastruktur dan jaringan sebagai upaya optimalisasi.

“Dengan demikian kita akan bisa banyak membantu masyarakat,” ujarnya, termasuk dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Di kesempatan itu, Wagub Ma’mun Amir menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan dari BAZNAS kepada penerima manfaat.

Bantuan yang diberikan seperti modal usaha, instalasi air bersih, rumah layak huni dan beasiswa bagi mahasiswa.

Pos terkait