SFP Kolaborasi DKP Sulteng Sosialisasi dan Diskusikan Pengelolaan Kolaboratif Perikanan Gurita

  • Whatsapp

Palu, PaluEkspres.com – Sustainable Fisheries Partnership (SFP) bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan pertemuan sosialisasi dan diskusi pengelolaan kolaboratif (co-management) perikanan gurita, Kamis (14/12/202), di Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran DKP Provinsi Sulawesi Tengah,  DKP Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut, perwakilan nelayan gurita dari desa Kalumbatan, Lobuton, dan Popisi, serta mitra lokal pendamping nelayan gurita di wilayah ini, antara lain Yayasan LINI, JAPESDA, Yayasan ROA, dan Universitas Tadulako, serta dihadiri juga oleh perwakilan USAID -BERIKAN.

Provinsi Sulawesi Tengah sebagai salah satu penghasil komoditas gurita dengan rata-rata produksi dari tahun 2005 sampai dengan 2021 sekitar 42,323 ton ( Statistik Perikanan Tangkap, KKP, 2021).  Permintaan pasar pada komoditas gurita (Octopus spp.) terus meningkat setiap tahunnya, baik dari pasar dalam negeri dan juga pasar internasional seperti Italia, Amerika Serikat, China, Yunani dan Korea Selatan. Dengan adanya tekanan pasar yang tinggi, SFP dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah berinisiatif untuk melakukan pengelolaan perikanan gurita yang berkelanjutan secara kolaboratif yang melibatkan semua pemangku kepentingan. 

Pengelolaan kolaboratif (co-management) adalah pendekatan kemitraan, di mana pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan pengguna sumberdaya perikanan, terutama nelayan, dapat berbagi tanggungjawab dan wewenang untuk pengelolaan perikanan di wilayahnya, dengan berkolaborasi di antara mereka sendiri dan dengan para pihak lainnya.  Melalui pendekatan ini semua pihak berperan dalam proses pengambilan keputusan.

Direktur Program Indonesia dari SustainableFisheries Partnership (SFP) Dessy Anggraeni,  menyebutkan,  pengelolaan kolaboratif antar berbagai pihak merupakan prinsip yang diusung SFP dalam mengelola perikanan, terutama dalam perikanan skala kecil. 

Untuk itu SFP sangat berterima kasih atas dukungan dari DKP Provinsi Sulawesi Tengah pada kegiatan sosialisasi dan diskusi pengelolaan kolaboratif, yang melibatkan semua unsur dalam perikanan gurita di Sulawesi Tengah, terutama nelayan-nelayan gurita. 

Pos terkait