Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng Juara Umum Layanan Informasi dan Komunikasi Publik 2023

  • Whatsapp
Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng menerima penghargaan sebagai juara umum layanan informasi dan komunikasi publik tahun 2023 yang diterima langsung Kepala DKP Sulteng Moh. Arif Latjuba SE, M.Si, Kamis (14/12/2023). Foto: Biro Adpim Setdaprov

Palu, PaluEkspres.com – Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekdaprov Dra Novalina MM didampingi Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sudaryono Lamangkona S.Sos., M.Si menyerahkan penghargaan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng sebagai juara umum layanan informasi dan komunikasi publik tahun 2023 dan secara langsung diterima Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Moh. Arif Latjuba SE, M.Si, Kamis (14/12/2023).

Pemberian penghargaan yang dilaksanakan di Hotel Best Western Palu tersebut, enam OPD lainnya juga meraih penghargaan Sulteng satu data award. Yaitu,
1 Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Sulteng
2 Dinas Kesehatan Sulteng
3 Balitbang dan Informasi Daerah
4 Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura
5 Dinas Pangan
6 Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik

Selanjutnya empat OPD dan satu kabupaten kategori ‘lnformatif’ dalam layanan informasi dan komunikasi publik :
Dinas Ciptakarya, Inspektorat Daerah, Kesbangpol, BPSDM dan Kabupaten Banggai Laut.

Kategori ‘cukup komunikatif’ diraih oleh BPSDM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, Dinas Kominfo Persandian dan Statistik, serta Kabupaten Morowali Utara.

Terakhir, untuk layanan aduan masyarakat dengan kategori ‘cukup responsif’ diraih oleh Dinas Kominfo, Statistik dan Persediaan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, Badan Pendapatan Daerah dan Kabupaten Banggai.

Dalam sambutan Gubernur Sulteng yang diwakili Sekdaprov Novalina memberikan apresiasi kepada enam OPD yang memperoleh tingkat kematangan pengelolaan statistik sektoral dengan predikat baik dan cukup.

“Saya berharap kedepan perolehan predikat lebih ditingkatkan menjadi sangat baik hingga memuaskan,” imbuhnya.

Menurutnya, data adalah sumber daya yang cukup mahal bahkan lebih mahal dari minyak bumi. Untuk itu, kepada OPD selaku produsen data agar serius dalam menyiapkan data statistik yang tepat, benar dan akurat, serta berkualitas.

Ia juga berharap agar Dinas Kominfosantik dapat memastikan bahwa data yang dibuat setiap OPD telah memenuhi prinsip Satu Data Indonesia yang dapat dipertanggungjawabkan validitasnya. Sementara Bappeda dalam menyusun perencanaan setiap tahun dapat berkesesuaian dengan visi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju.

Pos terkait