Jemaah Haji Sulteng Kloter BPN-8 Bersiap ke Tanah Suci

  • Whatsapp
Ketua PPIH Prov Sulteng, H. Ulyas Taha menerima Jemaah Haji Kloter 8 asal Kota Palu, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut di asrama Haji Transit Palu, Kamis (23/5/2024). Foto: Humas Kemenag

Palu, PaluEkspres.com – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Ulyas Taha menerima Jemaah Haji Kloter 8 asal Kota Palu, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut di asrama Haji Transit Palu, Kamis (23/5/2024).

Proses ini juga sekaligus menjadi momen pelepasan jemaah haji Penerbangan pertama ke Embarkasi Balikpapan, dengan bis pertama berangkat ke bandara Mutiara Sis Aljufri Palu pada Jumat (24/5/2024) pukul 05.00 WITA. 

Kakanwil sebagai Ketua PPIH Sulteng mengatakan sangat bersyukur persiapan penyelenggaraan haji berjalan dengan baik dan berterima kasih karena seluruh biaya perjalanan lokal jemaah haji Sulteng ditanggung oleh Pemda Sulteng dan Pemda kabupaten/kota.

Ketua PPIH Sulteng melaporkan penerbangan jemaah haji Sulteng terdiri dari  6 kolter full dan 1 kloter gabungan yang bergabung dengan Kaltim. Jumlah  keseluruhan jemaah haji sebanyak 2.094 orang bersama petugas haji.

Setiap kloter berjumlah 324 orang yang sebelumnya telah melalui Istithoah kesehatan dan istithoah Maaliyah. Jumlah lanjut usia dari umur 60 sampai dengan 95 tahun sebanyak 560 orang lebih, sehingga tema haji pada tahun ini adalah Haji Ramah Lansia.

“Tema Haji Ramah Lansia akan memberikan kepastian bahwa Kemenag, panitia haji dan petugas  berkomitmen memberikan pelayanan terbaik utamnya kepada jemaah haji lanjut usia,” kata Kakanwil.

Gubernur dalam arahannya yang dibacakan oleh Asisten 1, Fahrudin D. Yambas berpesan kepada jemaah haji Sulteng Kloter 8 agar menjaga kesehatan sebelum berangkat maupun setelah kembali dari tanah suci.

“Jaga kebersaman dan kekompakan, perkuat ukhuwah islamiyah, ikuti petunjuk panitia haji, patuhi aturan yang ada, doakan kebaikan dan kemakmuran untuk bangsa Indonesia, khususnya Sulteng agar jauh dari bencana dan musibah dan menjadi daerah aman, tenteram dan Sejahtera,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Asisten 1 mewakili Gubernur Sulteng berterima kasih pada seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan petugas haji serta  melepas jemaah haji Sulteng tahun 2024 menuju Tanah Suci.

Sebelumnya dilakukan penandatangan penyerahan Jemaah Haji dari perwakilan PPIH Kota Palu, Kabupaten Bangkep dan Kabupaten Banggai Laut kepada Ketua PPIH Provinsi Sulteng yang didampingi  para pejabat Pemda Sulteng dan Kepala Kemenag.

Pos terkait