oleh

Tony: Jangan Kotori Sungai Palu

 

Dorong Jadi Objek Wisata Kuliner
PALU,PE-Plt Walikota Palu, Mulhanan Tombolotutu mengimbau warga agar tidak menjadikan Sungai Palu sebagai tempat pembuangan sampah.
Ini disampaikan, Tony, sapaan mantan walikota Palu ini saat ikut dalam kegiatan bersih-bersih bantaran Sungai Palu yang digelar Hotel Santika Palu, Sabtu pekan lalu.
Sungai Palu kata Tony juga memiliki potensi wisata yang menjanjikan bila dikelola dengan baik.
Karenanya, Tony meminta warga yang tinggal di sekitar sempadan sungai agar senantiasa memelihara, menjaga dan membersihkan Sungai Palu.
Kondisi Sungai Palu saat ini sangat memprihatinkan karena dipenuhi sampah limbah keluarga. Itu kata Tony, karena masih banyak perilaku kurang terpuji yang ditunjukkan masyarakat dengan membuang sampah limbah rumah tangga atau pabrik ke Sungai Palu.
Karenanya, Tony mendorong agar kebiasaan bersih-bersih lingkungan tempat tinggal dihidupkan kembali.
“Masyarakat Kota Palu tempo dulu, setiap habis bangun pagi atau selesai salat subuh selalu membersihkan halaman rumahnya, memasukkan dahan-dahan ke dalam tong sampah,membersihkan selokan di sekitar rumahnya dan bantaran sungai,”katanya.
Jika tradisi ini dihidupkan kembali, Tony yakin wajah Sungai Palu akan semakin cantik mempesona.
“Bantaran Sungai palu ini bisa jadi lokasi wisata kuliner. Bantaran Sungai Palu ini sebenarnya kalau kita tata dengan baik, bisa jadi tempat jogging pagi atau sore dan juga bisa digunakan sebagai tempat berjualan makanan oleh masyarakat, cuma belum terbiasa saja,”ucapnya.
Bahkan kata Tony bisa jadi ke depannya, Sungai Palu akan menjadi salah satu lokasi kegiatan Festival Teluk Palu di tahun-tahun mendatang. (mg9)

News Feed