Kalau Udah Sarjana, Terus Mau Ngapain Sobat???

  • Whatsapp
adv

WISUDA: Inilah para sarjana IAIN Palu yang diwisuda pada 16 September lalu.

WISUDA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu ke 2 yang digelar  16 September 2015 diwarnai isak tangis kebahagian sejumlah wisudawan dan wisudawati, baik dari pasca sarjana (magister) maupun Strata Satu (S1).

Tak sedikit pula para sarjana baru lulus yang mengungkapkan rasa kebahagiaannya setelah menempuh pendidikan di bangku kuliah selama kurang lebih 4 tahun dengan canda tawa bersama keluarga yang hadir dalam wisuda maupun teman seperjuangan bahkan ada yang mengabadikan dengan  berfoto bersama.

Namun apalah artinya sebuah gelar sarjana sobat, kalau pada akhirnya tidak dapat membawa manfaat bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Seperti yang disampaikan Rektor IAIN Palu, Prof Dr Zainal Abidin MAg dalam pesan almamaternya kepada para wisudawan saat itu.

“Para alumni yang kembali kepada masyarakat  untuk mengabdikan diri nanti, harus hadir sebagai pembawa solusi, bukan sebagai pembawa masalah. Sekali lagi saya bilang, sebagai pembawa solusi, bukan sebagai pembawa masalah,”tekannya.

Apalagi katanya nih sobat, alumni yang memperoleh gelar sarjana keagamaan tuh, beban moral yang harus ia pegang sebagai seorang sarjana agama tuh, sangat sangat berat tanggungjawabnya dibanding sarjana dari kampus non agama.

“Pelihara kesucian gelar  yang saudara raih dengan susah payah dan pengorbanan yang besar. Jangan dinodai dengan perilaku yang bertantangan dengan nilai-nilai Islami. Hari ini secara formal saudara sekalian dikukuhkan sebagai sarjana atau magister, tetapi substansi ari kelayakan saudara menyandang gelar tersebut akan  dinilai oleh masyarakat,”tegasnya.

Dalam Wisuda IAIN Palu ke 2, sebanyak 464 Wisudawan dan Wisudawati dikukuhkan sebagai Sarjana S1 dan S2.(muhammadarsyandi)

Pos terkait