oleh

Hongaria-Palu Matangkan Kerjasama Air Bersih

HAMDI ANWAR/PE.
NOTA KESEPAHAMAN; Duta Besar Hongaria, Judit Nemeth Pach bersama CEO Budapest Waterworks, Csaba Haranghy  serta Walikota Palu Mulhanan Tombolotutu, menandatangani MoU atas rencana pengembangan sistem air bersih dalam KEK Palu, Jumat 18 September 2015 di PIRNAS Palu Kecamatan Palu Utara.

PALU,PE- Setelah melalui komunikasi yang cukup panjang, Pemerintah Hongaria dan Pemkot Palu akhirnya mematangkan rencana kerja sama pengembangan sistem air bersih dan pengolahan air limbah dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) Palu.

Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Palu dan Budapest Waterworks, perusahaan asal Hongaria, Jumat 18 September 2015 di lokasi Pusat Inovasi Rotan Nasional (PIRNAS) Kecamatan Palu Utara Kota Palu.

Duta Besar Hongaria Judit Nemeth Pach dalam kesempatan itu mengatakan, Budapest Waterwork sudah 100 tahun bergelut dalam bidang sistem penyediaan air bersih dan sangat berpengalaman mengelolah air limbah. Perusahaan itu pula yang saat ini menjadi pengelolah utama penyediaan air bersih dan pengolahan air limbah pada kawasan ekonomi di Hongaria.

Terkait kerjasama itu, Walikota Palu Mulhanan Tombolotutu menjelaskan, pihaknya sudah lama menjalin komunikasi yang cukup intens bersama Pemerintah Hongaria dan Budapest Waterwork.Kesediaan untuk bermitra dalam pengeloaan air dalam KEK Palu menurutnya adalah bentuk perhatian dan kepedulian dari Pemerintah Hongaria dalam upaya mengembangkan KEK Palu.

Jika kerjasama berjalan sukses, Kota Palu nantinya menargetkan produksi air bersih sebanyak 2000 liter perdetik yang akan digunakan bagi masyarakat dan penyediaan air bersih dalam KEK Palu. (mdi)

News Feed