oleh

Taruna AAL Jalesesya di Kota Palu

HAMDI ANWAR/PE
CINDERAMATA: Sekkot Palu Aminuddin Atjo memberikan cinderamata kepada Perwira Pelaksana Latihan Mayor Laut (P) Hariono usai memperkenalkan biografi Kota Palu kepada perwakilan taruna-Taruni AAL, Rabu 23 September 2015 di Kantor Walikota Palu.

 

PALU,PE-Akademi Angkatan Laut (AAL) Krembangan Surabaya memilih Kota Palu sebagai salah satu kota tempat pelaksanaan latihan praktik layar (Jalesesya) bagi 106 Taruna-Taruni angkatan ke 63 tahun 2015. Latihan yang  mulai Rabu 23 September hingga hari ini, Jumat 25 September dipimpin Perwira Pelaksana Latihan Mayor Laut (P) Hariono.

Kedatangan rombongan korps Taruna AAL ini diterima langsung Sekkot Palu Aminuddin Atjo di Kantor Walikota Palu, Rabu 23 September 2015. Rombongan yang terdiri dari 95 Taruna dan 11 Taruni ini datang menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Penyu 513 yang sandar di Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu, Sulteng.
Sebelum terjun praktik, mereka terlebih dahulu diperkenalkan tentang bigografi Kota Palu yang disampaikan langsung oleh Sekkot Palu Aminuddin Atjo.

Perwira Pelaksana Latihan Mayor Laut(P) Hariono, menjelaskan, latihan Jalesesya merupakan program yang telah dijadwalkan bagi Taruna AAL tahun 2015. Latihan itu bertujuan mengaplikasikan pengetahuan navigasi, kebaharian dan teknik keselamatan di atas kapal kepada para Taruna-Taruni.
Dia mengatakan, adapun jalur layar dalam Jalesesya tahun ini antara lain Laut Jawa, Selat Makassar dan Laut Sulawesi.

“Intinya latihan agar mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama pendidikan. Bagimana cara bernavigasi dan kehidupan dinas di kapal dan lain sebagainya,”jelas Hariono.
Selain itu kata Hariono, Jalesesya ini juga sebagai bentuk sosialisasi dan promosi eksistensi AAL terhadap daerah-daerah yang disinggahi. Dengan harapan, masyarakat khususnya pemuda dan pemudi bisa mengenal keberadaan AAL Krembangan Surabaya sebagai salah satu akademi TNI untuk melanjutkan sekolah.(mdi)

News Feed