DPR Kutai Timur Pelajari KEK Palu

  • Whatsapp

PALUEKSPRES, PALU – Kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dua langkah lebih maju ketimbang KEK Maloy Batuta di Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

KEK Palu sejauh ini telah didukung dari sisi kelembagaan dengan terbentuknya kelembagaan administrator KEK lengkap dengan badan usaha milik daerah (BUMD) pengelolah bisnis yaitu PT Bangun Palu Sulteng.

Bacaan Lainnya

Bahkan sudah ada beberapa perusahaan asing yang menjalin kesepakatan untuk berinvestasi dalam KEK yang ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Sedangkan KEK Kutai Timur baru sampai pada rencana pembentukan kelembagaan admisnistratur.

Ini terungkap dalam pertemuan panitia khusus (pansus) DPRD Kutai Timur tentang pembentukan kelembagaan adminsitratur KEK bersama Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri, Senin 20 November 2017 di ruangan kerja Sekkot.

Ketua Pansus DPRD Kutai Timur, Rahmadi, mengaku pihaknya secara khusus ingin mencari informasi tentang kebijakan Pemkot Palu. Baik mengenai pembentukan administratur maupun kebijakan payung hukumnya yakni peraturan daerah (Perda).

Sekkot Palu, Asri menjelaskan, KEK Palu sejauh ini telah dilengkapi infrastruktur pendukungnya. Berupa kantor administrator KEK yang dilengkapi struktur kelembagaannya.

“Sudah beberapa investor yang telah MoU dengan KEK. Dan ada yang baru sedang merencanakan kerjasama,”kata Asri yang didampingi Kepala Bappeda Palu, Arfan.

Sekkot selanjutnya menjelaskan lebih jauh mengenai potensi Kota Palu sebagai daerah tempat suplay dari kabupaten lainnya.

(mdi/ Palu Ekspres)

Pos terkait