Yasalu Sulteng Perkenalkan Sistem Informasi Geografis kepada Pemula

  • Whatsapp

Yayasan Pusaka Uwelutu (Yasalu) telah usai menggelar pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) tingkat dasar. Pelatihan itu berlangsung selama 2 hari (6-7/12/2021) di Kantor Yasalu Jl. Anutapura II No. 38, Palu . 

Pelatihan ini berupa “Pengenalan dan Pemanfaatan aplikasi SIG” berbasis web Quantum GIS (QGIS) untuk berbagai keperluan khususnya dalam hal perencanaan.

Kegiatan tersebut dipersiapkan untuk menjaring minat masyarakat Palu untuk mengenal Sistem Informasi Geografis digital yang selanjutnya diharapkan akan terbentuk komunitas “perencana”

Pelatihan ini diisi oleh instruktur Musadat A. Korompot, selaku praktisi sekaligus Direktur Yasalu. Pelatihan tersebut difasilitasi oleh Mifta Khuljannah.

Kegiatan ini menjadi awal pelatihan yang akan diadakan secara rutin oleh Yasalu, sebagai pengembangan kapasitas para penggiat SIG.

“Semoga pelatihan ini memberikan manfaat bagi kita semua, memberi pemahaman dan keterampilan peserta dalam hal membangun, mengelola dan menyajikan informasi geospasial,” ujar Ketua Pelaksana Pelatihan Irwan Setiawab dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/12/2021).

Sementara itu, Musadat A Korompot, menjelaskan, QGIS merupakan suatu framework yang memiliki fitur lengkap dan cukup mumpuni untuk digunakan.  Sistem ini berbasis web, sehingga tidak terlalu membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. 

Ia menjelaskan, QGIS bisa diterapkan dalam berbagai keperluan pemetaan dan perencanaan, Inilah yang menjadi kekuatan utama dari QGIS. Dengan sifatnya yang open source , QGIS dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus melanggar aturan atau dalam bahasa lainnya membajak software tersebut.

“Untuk menggunakan QGIS kita cukup unduh, lalu instal. Ini tak memerlukan keterampilan sebagai hacker atau cracker seperti yang mungkin kita lakukan saat menginstal perangkat lunak berlisensi. Selain itu, kita dapat menggunakan seluruh alat dan plugin yang ada di QGIS secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan,” demikian Musadat mengungkapkan keunggulan perangkat lunak ini. ***

Pos terkait