Ada 53 Progam Wali Kota Palu Yang Akan Dijalankan OPD, Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menyerahkan dokumen RPJMD, Renstra dan Renja kepada OPD, Senin 3 Januari 2022/ Foto: Hamdi Anwar/PE

PALUEKSPRES,PALU – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu, Arfan mengatakan 53 progam kerja Wali Kota Palu Hadianto Rasyid yang telah dijabarkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) akan dilaksanakan seluruh OPD. Namun masing-masing program ada OPD yang menjadi leading sektornya.

Misalnya, progam terkait pengembangan UMKM yang dijabarkan dalam Renstra Dinas Koperasi, UMKM dan Ketenagakerjaan serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian termasuk Dinas Sosial.

Bacaan Lainnya

Program terkait smart city dilekatkan pada Dinas Kependudukan dan catatan sipil, Dinas komunikasi dan Informatika dan seluruh OPD penunjang. Lalu program terkait kebersihan dan adipura pada dinas lingkungan hidup dan seluruh kecamatan dan kelurahan.

Demikian halnya terkait kesehatan yang dilekatkan pada dinas kesehatan dan seluruh OPD terkait lainnya.

“Prinsipnya seluruh OPD tapi ada yang menjadi koordinator,”jelas Arfan, Selasa (4/1/2022).

Menurutnya, secara de jure, 53 program tersebut memang baru terjabarkan dalam tiga dokumen tersebut. Namun secara de facto, beberapa program diantaranya sudah ada yang direalisasikan pada perubahan APBD 2021.

Contohnya sebut Arfan di bidang kesehatan. Wali kota telah merealisasikan pengadaan unit mobil ambulance pada sejumlah kelurahan. Lalu meningkatkan honor peserta padat karya. Kemudian menambah jumlah armada pengangkut sampah pada dinas lingkungan hidup dan kelurahan.

Pos terkait