Balai Bahasa Sulteng Bimtek Bahan Ajar BIPA Bermuatan Kearifan Lokal Sulteng

  • Whatsapp
Balai Bahasa Sulteng Bimtek Bahan Ajar BIPA Bermuatan Kearifan Lokal Sulteng
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Prof Aminuddin Azis, M.A, Ph.D. Foto: Istimewa

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Bermuatan Kearifan Lokal Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat membantu proses pembelajaran Bahasa Indonesia, sekaligus mengenalkan ciri khas etika dan kebudayaan masyarakat Sulawesi Tengah kepada penutur asing.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada 20–22 Maret 2023 di Hotel Best Western Coco Plus Palu. Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber untuk membimbing peserta dalam menyusun bahan ajar yaitu Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum., pegawai Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa (Pustanda), Ferry Yun Kurniawan, S.Pd., dan Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Cabang Sulawesi Tengah, Asrianti, S.Pd., M.Pd.

Baca juga : Balai Bahasa Sulteng Gelar Diseminasi UKBI Pemangku Kepentingan Tingkat SMP

Dalam sambutannya, Kepala Balai Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum menyampaikan bahwa program BIPA perlu dilaksanakan karena Sulawesi Tengah merupakan provinsi dengan jumlah tenaga kerja asing terbanyak di Indonesia. Data Kementerian Ketenagakerjaan pada November 2022 menunjukkan bahwa TKA di Sulawesi Tengah berjumlah 10.803 orang. Oleh sebab itu, Asrif menggandeng Pustanda untuk membantu Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah dalam mendorong perusahaan-perusahaan asing agar mengikutsertakan TKA ke program BIPA.

Selama tiga hari, para peserta akan dibimbing oleh para narasumber agar mampu menyusun buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) bermuatan kearifan lokal Sulawesi Tengah, kurikulum BIPA bagi tenaga kerja asing (TKA), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) BIPA. Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat membuat bahan ajar BIPA yang memuat kearifan lokal Sulawesi Tengah serta sesuai dengan kebutuhan dan konteks pemelajar BIPA. (bid/paluekspres)

Pos terkait