RZWP-3-K Sulteng Disetujui Kurang dari Sejam

  • Whatsapp
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menghadiri sekaligus membuka FGD final penyusunan materi teknis muatan perairan pesisir, Jumat (13/5/2022). Foto: Biro Adpim Setdaprov

PALUEKSPRES, PALU– Kurang dari sejam, materi teknis muatan perairan pesisir disetujui menjadi  Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) pada Focus Group Discussion (FGD) Final, Jumat (13/5/2022).

FGD yang dilaksanakan di ruang Polibu kantor Gubernur Sulteng, dimulai sekitar pukul 9.20 Wita dan berakhir sekitar pukul 10.00 Wita setelah Pokja menyetui RZWP-3-K yang dituangkan dalam berita acara.

Bacaan Lainnya

Pemprov Sulteng

Olehnya, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura mengapresiasi atas disetujuinya RZWP-3-K pada FGD Final tersebut yang dihadiri Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Dyah Erowati, Pejabat Direktorat Perencanaan Ruang Laut Dr. Krishna Samudra dan pokja RZWP-3-K yang beranggotakan OPD teknis.

Dengan disetujui lalu ditandatanganinya RZWP-3-K Sulteng oleh Pokja dan gubernur maka konsep sustainability (keberlanjutan) menjadi konsep dasar mengelola sumber daya maritim daerah.

“Semoga formulasi dan rekomendasi yang dicapai dapat dilaksanakan dengan komitmen dan kerjasama,” ujar gubernur menyampaikan harapan.

Serupa, Dyah Erowati memberi apresiasi kepada Pemprov Sulteng yang berhasil mempersiapkan RZWP-3-K lebih cepat dari estimasi Kementerian Kelautan.

Bahkan finalisasinya pagi itu berjalan kurang dari satu jam.

Lanjut Ia menuturkan bahwa RZWP-3-K adalah tindak lanjut komitmen Presiden Joko Widodo untuk mengimplementasi potensi sumber daya laut berkelanjutan atau Blue Economy.

“Dengan dasar ini dapat menjaga keberlanjutan perairan Kita karena sudah tertata dengan baik dan sebagai dasar mengeluarkan izin-izin (berusaha) di wilayah pesisir,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng Moh. Arif Latjuba, SE, M.Si menguatkan pernyataan Asisten Khusus Menteri, bahwa penyiapan RZWP-3-K Sulteng telah dimulai sejak 3 tahun lalu.

Ia pun bersyukur seraya berterima kasih kepada jajaran OPD yang bekerjasama dalam Pokja mencakup Bappeda, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Biro Hukum dan lainnya. (bid/paluekspres)

Pemprov Sulteng

Pos terkait